Kopling Lengket

Gara-gara insiden dek plastik antara roda dgn mesin sebelah kiri terbakar, kopling mobil tidak berfungsi, gejalanya susah /  bahkan sama sekali tidak bisa oper gear saat mesin nyala, timbul bunyi "ccrrraaaakkkkk "yang menyayat kalbu, shift gear bisa dilakukan saat mesin mati, tapi apa yg terjadi saat mesin dinyalakan dan kita injak kopling penuh..mobil tetap melaju kedepan seakan2 tidak ada kopling, kalau mesin dinyalakan tanpa injak kopling yg terjadi tentu mobil melompat kedepan sebentar dan kemudian mesin mati.

dek terbakar

selidik punya selidik, ini gejala kopling lengket, biasanya terjadi kalau mobil kebanjiran atau menerobos genangan yang tinggi, air masuk ke rumah kopling menyebabkan kampas kopling lengket,
Kanvas kopling memang rentan lengket pada fly wheel. Hal itu bisa terjadi karena kanvasnya yang terbuat dari bahan asbes, berpotensi mengembang dan mengeras setelah terkena air.
pada saat insiden terbakar kemarin, engine bay mobil benar2 basah kuyup disiram hampir satu drum air..jelas itu air masuk ke rumah kopling.

kemasukan air
untuk mengatasinya kemarin, cukup mudah. .mesin mati, shift gear ke-1, tidak usah injak kopling , nyalakan mesin...mobil akan loncat ke depan..mati..nyalakan lagi ..tetap belum juga  terlepas kanvas dari flywheelnya..saya lanjutkan 1 x lagi stater, sampai bisa keluar dari carport / garasi dan ada ruang cukup banyak di belakang mobil..kemudian shift gear ke - R, nyalakan mesin..voila..terdengar bunyi "kraarkk" sebentar..dan segera injak kopling penuh...kopling lengket telah teratasi!!! ternyata dipaksa dengan gear mundur lebih mengena daripada dengan gear-1.

Comments

Popular Posts