Tambal Ban Bocor pakai Lem - Peugeot 405 SR

Ban tubeless, jika berkurang tekanan anginnya, maka ban tersebut akan bocor. Tapi tidak perlu lantas panik dan mencari tukang tambal ban tubeless. Sebab tukang tambal tersebut justru akan memperparah kondisi ban pada lubang yang bocor.
Cara kuno tukang tambal ban yaitu dengan memasukkan dengan paksa tali serabut karet ke sela-sela bagian yang bocor pada ban. Dan kebiasaan itu justru akan membuat ban mobil bertambah parah. Bisa-bisa bocor yang hanya selubang jarum menjadi sebesar paralon.
Sebenarnya cara mengatasi ban tubeless yang bocor itu mudah kok, cuma menambahkan kembali angin pada ban tubeless. Keunggulannya: ban tersebut memang dirancang untuk dapat bertahan dari kejadian semacam itu- agar besok pagi Anda bisa menambalnya sendiri di rumah, dengan lem sejenis power glue yang banyak dijual dimana-mana.
Untuk mendeteksi lokasi bocor, pompa ban Anda kemudian siramilah perlahan dengan air plus sabun. Jika mendapatkan bagian yang terdapat gelembung udara, maka disanalah kebocoran itu berasal.
lap pakai air + sabun
gelembung udara bagian yg bocor

Lalu, segeralah keringkan dengan kain lap dan  tunggu beberapa saat.Setelah itu teteskanlah lem power glue ke bagian yang bocor, kalau bisa sampai meresap ke dalam, sampai gelembung pada cairan lem tidak ada.

lap kering

alteco Rp.4000,-

usahakan meresap kedalam,

Lalu, tunggulah beberapa menit hingga lem tersebut benar-benar merekat. Dijamin, selain kuat dan anti gagal, waktu dan uang Anda tidak terbuang percuma. serta tidak merusak jaringan karet, benang dan kawat ban yang biasanya dilakukan oleh tukang tambal ban dengan cara mereka yang benar-benar konvensional dan merusak.
(artikel disadur dari http://www.tnol.co.id ) - (gambar dari dokumen foto pribadi)

Comments

Popular Posts